Jumat, 15 Juni 2012

Siklus pubertas Babi


Siklus pubertas Babi
Pubertas adalah periode saat organ-organ reproduksi babi pertama kali berfungsi dan menghasilkan telur atau sperma dewasa. Umur saat pubertas dicapai bertlainan antara bangsa-bangsa ternak dan juga antara anak babi sekelahiran Umur saat pubertas (bln) 4-7 (bln) 6 (bln). Factor-faktor hormonal yang bekecimpung untuk merangsang pubertas pada babi jantan dan babi betina belum banyak diketahui. Prgan utama yang mengontrol munculnya pubertas adalah kelenjar pituitary yang letaknya di dasar otak. Kelenjar ini menghasilkan dua hormone, yaitu FSH dan LH yang merangsang testis dan ovarium.
Faktor yang mempengaruhi pubertas :
ü  Faktor Makanan.
kurang  makan yang ekstrem dapat menunda munculnya pubertas. Pembatasan makanan yang sedang atau moderat tidak akan menunda pubertas atau mempengaruhi fertilitas, tetapi bobot babi betina tersebut lebih rendah daripada yang diberi makan cukup.
ü  Faktor Genetis.
Babi betina Landrace mencapai pubertas lebuh dini daripada babi betina Hampshire, Yorkshire dan Duroc yang diamati dari banyaknya yang berahi pada umur 6 bulan. Babi betina hasil persilangan juga mencapai pubertas yang lebih dini daripada babi betina murni.
ü  Faktor Cahaya.
 Babi betina yang dipelihara terkurung dengan kegelapan yang komplet memperpanjang umur mencapai pubertas. Babi betina yang dipilih untuk bibit seharusnya memperoleh cahaya 18 jam per hari.
ü  Faktor Perkandangan.
Babi betina yang dipelihara terkurung lebih lambat mencapai pubertas dari yang dipelihara bebas. Babi betina yang dikandangkan atau ditambat individual juga menunda pubertas dan menekan tanda-tanda berahi.
Kandang yang dicampur antara jantan dan betina juga dapat mempercepat pubertas.
ü  Faktor Stres.
Stres tertentu, seperti transportasi, mencampur atau introduksi ke lingkungan yang baru dapat merangsang babi betina mengalami berahi.
Pengaruh Pejantan.- Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa introduksi pejantan ke sekelompok babi betina yang sebelumnya tidak berkontak dengan pejantan, merangsang dan menyebabkan sebagian babi betina tersebut berahi pada umur 4 bulan.


Peristiwa
interval
Rata-rata
Umur saat pubertas (bln)

4 – 7
6

Lama Birahi (estrus) (hari)

1 – 5

2 – 3

Panjang Siklus birashi (hari)

18 – 24

21

Waktu ovulasi (jam stlah birahi)

12 – 48

24 – 36

Saat yang baik untuk kawin

estrus hr kedua

114

Lama Kebuntingan (har)


111 – 115

 (3 bln, 3 mg, 3 hr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar