Minggu, 25 Desember 2011

Bahaya Merkuri


Seperti yang kita ketahui, kejadian keracunan merkuri dapat disebabkan oleh beberapa agen toksik berupa :, bahan kimia dan berbagai macam agen lainnya. kejadian keracunan merkuri sendiri dapat muncul bahkan dari barang-barang yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Air raksa, sering disebut merkuri, dapat berada dalam berbagai senyawa. Bila bergabung dengan khlor, belerang atau oksigen merkuri akan membentuk garam yang biasanya berwujud padatan putih. Dalam penyebarannya, merkuri banyak mengontaminasi benda – benda maupun lingkungan alam sekitar kita.Garam merkuri sering digunakan dalam krim pemutih dan krim antiseptik. Merkuri anorganik (logam dan garam merkuri) terdapat di udara dari deposit mineral, dan dari area industri. Merkuri yang ada di air dan tanah terutama berasal dari deposit alam, buangan limbah, dan aktivitas volkanik.
Merkuri dapat pula bersenyawa dengan karbon membentuk senyawa organo merkuri. Senyawa organomerkuri yang paling umum adalah metil merkuri, yang terutama dihasilkan oleh mikroorganisme (bakteri) di air dan tanah. Karena bakteri itu kemudian terikut (termakan) oleh ikan, maka di ikan cenderung konsentrasi merkurinya akan tinggi. Nah, dari buangan di sungai Kalimantan ini dapat saja dalam waktu beberapa tahun kemudian akan terakumulasi di ikan, kemudian dampaknya akan ada pada generasi berikutnya. Ingat kasus Minamata di Jepang.
Bagaimana orang dapat terkontaminasi merkuri? Ada beberapa cara: memakan ikan atau hewan air lainnya yang telah terkontaminasi metilmerkuri; terkontaminasi karena lepasnya merkuri dari penambal gigi (banyak pihak mengganggap kasus yang sangat jarang), menghirup udara yang mengandung merkuri dari tumpahan, atau limbah industri. Memang dampak keracunan merkuri ini tidak terasa secara langsung, tetapi merkuri adalah racun kronis yang bekerjanya lama atau jika sudah tertimbun banyak akan terjadi gejala / efek.
Efek merkuri pada kesehatan terutama berkaitan dengan sistem syaraf, yang sangat sensitif pada semua bentuk merkuri. Metilmerkuri dan uap merkuri logam lebih berbahaya dari bentuk-bentuk merkuri yang lain, sebab merkuri dalam kedua bentuk tersebut dapat lebih banyak mencapai otak. Pemaparan kadar tinggi merkuri, baik yang berbentuk logam, garam, maupun metilmerkuri dapat merusak secara permanen otak, ginjal, maupun janin.
Pengaruhnya pada fungsi otak dapat mengakibatkan tremor, pengurangan pendengaran atau penglihatan dan pengurangan daya ingat. Pemaparan dalam waktu singkat pada kadar merkuri yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan paru-paru, muntah-muntah, peningkatan tekanan darah atau denyut jantung, kerusakan kulit, dan iritasi mata. Badan lingkungan di Amerika (EPA) menentukan bahwa merkuri klorida dan metilmerkuri adalah bahan karsiogenik. Anak-anak lebih rentan daripada orang dewasa terhadap merkuri. Merkuri di ibu yang mengandung dapat mengalir ke janin yang sedang dikandungnya dan terakumulasi di sana. Juga dapat mengalir ke anak lewat susu ibu. Akibatnya, pada anak dapat berupa kerusakan otak, retardasi mental, buta, dan bisu. Bahkan, masalah pada pencernaan dan ginjal juga dapat terjadi. Pada ikan bisa menyebabkan kematian jika tingkat kontaminasi merkuri sudah parah terjadi di lingkungan tersebut(perairan).
Pendeteksian kontaminasi merkuri baru ditemukan oleh ilmuan korea, pendeteksian pada ikan. Tingkat jejak merkuri organ ikan dapat dideteksi dengan menggunakan penyelidikan dua photon fluorescent yang didesain oleh para ilmuwan Korea. Ikan yang hidup pada air yang tercemar secara khusus rentan terkena keracunan, sebagaimana merkuri dapat diambil melalui mulut atau kulit dan membusuk dalam organ mereka. Pada manusia
Pencegahan kontaminasi oleh merkuri dapat dilakukan dengan macam – macam cara tetapi yang paling utama adalah pemahaman tentang merkuri itu sendiri. Upayakan penyuluhan kepada masyarakat tantang merkuri, atau minimal agar masyarakat tahu bahayanya. merkuri harus ditangani dengan hati-hati, dijauhkan dari anak-anak dan wanita yang sedang hamil . Untuk permasalahan tentang pencemaran lingkungan oleh merkuri yang dilakukuan oleh pihak – pihak tertentu, dapat diberlakukan denda.Penindakan tegas sangat diperlukan untuk memberantas pencemaran merkuri ini, agar lingkungan dapat terjaga dan kesehatan masyarakat pun terjamin.
Semoga pencemaran merkuri dapat di atasi dengan baik oleh pemerintah,khususnya dikalimantan tersebut. kalau benar peredarannya begitu bebas dan saya takut juga ditangani tidak semestinya batas-batas di atas pasti terlampaui. Kita sebagai orang yang mengerti akan merkuri sebaiknya bisa meminimalisir pencemaran merkuri di lingkungan sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar